Informasi Pendidikan Dan Wisata

Cara Cepat Belajar Berhitung



Cara Cepat Belajar Berhitung. Berhitung merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki orang sejak usia anak. Jadi tak heran jika orang tua menginginkan anaknya bisa cepat berhitung. Ada yang mengajarnya, mengenalkannya bahkan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena memang dunia anak itu identik dengan dunia bermain maka bagi para orang tua harus bisa pandai-pandai dalam mengajarkan anak untuk berhitung.

Ada baiknya anak yang berusia sekitar 1 - 5 tahun itu harus dikenalkan yang namanya angka. Bisa melalui media apa saja seperti Papan tulis, Handphone, Komputer atau Televisi. Media-media ini sangat banyak di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan para orang tua sendiri menggunakannya setiap waktu. Yang perlu diperhatikan anaknya dalam memakai media ini dengan mengawasi dan memberikan waktu dengan sebaik-baiknya.

Ada banyak cara yang dilakukan agar anak bisa cepat berhitung dengan metode belajar. Adapun cara-caranya sebagai berikut :

1. Mengenalkan Konsep Dasar Dari Berhitung.
Sejak anak usia dini sebaiknya anak sudah mulai dikenalkan dengan angka dan berhitung. Karena pada usia dini anak akan lebih mudah untuk diajarkan berhitung. Konsep dasar berhitung bisa dimulai kegiatan yang dijumpai dalam sehari-hari. Misalnya berhitung pakai jari, berhitung mainan, berhitung mobil yang lewat atau berhitung buah dalam lemari es. Sebenarnya sambil bermain pun anak bisa diajarkan untuk berhitung. Dan buatlah belajar berhitung itu sesuatu yang menyenangkan.

2. Memberi Contoh Yang Konkrit Dan Pasti.
Dalam mengajarkan anak itu harus telaten dan sabar. Dengan memberikan contoh barang yang ada disekitar kita. Misalnya dalam metode penambahan kita menggunakan buah jeruk. Penambahan 2 dengan 3, ajarkan anak mengambil 2 jeruk dulu terus mengambil 3 jeruk. Selanjutnya anak disuruh menghitung jumlah jeruk keseluruhan. Jadi kita bisa menggunakan barang yang kita lihat di sekeliling di rumah.

3. Membuat Program Secara Berkala.
Dalam belajar berhitung itu perlu program yang berurutan. Supaya bisa cepat selesai. Adapun programnya sebagai berikut :
  • Pengenalan angka
  • Berhitung
  • Penambahan
  • Pengurangan
  • Perkalian
  • Pembagian
  • Dan seterusnya
Dengan berurutan seperti itu, anak akan mudah menerima pemahaman berhitung. Untuk contoh-contohnya bisa dilakukan dengan barang yang ada di rumah.

4. Menghindari Memaksa Anak Dalam Belajar Berhitung.
Dalam memberikan pelajaran berhitung kepada anak itu harus melihat tahap perkembangan dan tahap belajarnya anak. Tidak usah terburu-buru karena itu belum berarti sudah tepat. Amati kemampuan dan pemahaman anak apakah sudah mampu atau belum. Kalau perlu bisa di ulangi tahap dari awal. Karena dengan mengulang-ulang kembali itu akan mendapatkan hasil yang bagus. Disamping belajar berhitung, masih ada proses lain yang perlu diajarkan yaitu menulis, membaca, bersosialisasi dan lain sebagainya.


Bisa dibayangkan kalau mempunyai anak yang sudah bisa berhitung tentu akan membuat orang tua senang. Anak akan bisa menghitung benda yang dilihat disekitarnya. Dalam membeli makanan pun anak kalau sudah bisa berhitung itu akan terasa senang. Bisa mengetahui harga makanan supaya pas dengan uang yang dibawanya. Jadi berhitung itu sangat penting dan lebih baik anak sejak usia dini sudah diajarkan berhitung disamping program yang lain.
Share:

2 komentar:

  1. Bagus ini bisa mendidik anak agqr pandai berhitung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sob. Ajarkan anak berhitung dari sejak dini. Agar bisa menghitung angka. Terima kasih kunjungannya.

      Hapus

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts