Informasi Pendidikan Dan Wisata

Perkemahan Camping Gembira MIM Kerten Banyudono



Perkemahan Camping Gembira MIM Kerten Banyudono. Setelah menghadapi ulangan semester MIM Kerten Banyudono Boyolali mengadakan kegiatan di luar sekolahan. Karena para siswa setelah menyelesaikan ulangan semester bersama perlu menyetel ulang pikirannya. Perlu santai dengan kegiatan di luar sekolah.

Pada hari Kamis dan Jum'at tanggal 10 - 11 Oktober 2019 MIM Kerten Banyudono menyelenggarakan kegiatan perkemahan di Taman Bermain Kampoeng Tegal selama 2 hari. Kegiatan perkemahan ini diberi nama "Camping Gembira" dengan slogan Beraksi, Berkreasi dan Berbagi. Dipilihnya tempat di taman bermain Kampoeng Tegal karena lokasinya yang luas, dekat masyarakat dan masjid, airnya mudah dan tempatnya asri. Kegiatan ini  diikuti oleh siswa pandu Hizbul Wathon kelas 4, 5 dan 6 dan di awasi oleh semua guru di MIM Kerten Banyudono. Sebelum kegiatan ini dibuka, para siswa harus mempersiapkan diri dahulu. Membawa bekal dan peralatan yang digunakan untuk acara perkemahan ini. Dan juga harus mendirikan tenda dengan dibantu oleh para guru.

Selama kegiatan perkemahan ini berlangsung para siswa tampak senang mengikutinya. Adapun kegiatan perkemahan ini meliputi :
  • Market day
  • Mencari jejak atau jelajah alam
  • Peraturan baris berbaris
  • Praktek ismuba ( keislaman dan kemuhammadiyahan )
  • Api unggun
  • Pentas seni
  • Sholat tahajud bersama
  • Lomba memasak nasi goreng
  • Bakti sosial dan kerja bakti
  • Dan lain-lainnya
Semua kegiatan selama perkemahan ini dinilai oleh dewan juri. Setiap siswa membentuk kelompok yang telah ditunjuk guru. Dan terbagi 4 kelompok. Tiap kelompok menempati tenda sendiri-sendiri yang sudah disiapkan oleh para guru. Para siswa harus mandiri dan bekerja sama diantara kelompoknya. Karena kekompakan kelompok juga dinilai.


Adapun kegiatan perkemahan Camping Gembira ini mempunyai tujuan dan manfaat yaitu :
  1. Menjalin ukhuwah islamiah antara guru dan siswa
  2. Menumbuhkan semangat Amar Makruf Nahi Munkar
  3. Membiasakan anak berfastabiqul khoirot ( berlomba-lomba dalam kebaikan )
  4. Menanamkan jiwa anak yang mandiri, kreatif dan berbagi
  5. Menanamkan jiwa kepemimpinan dan kerja sama dalam kelompok
  6. Menumbuhkan motivasi berprestasi
Dan masih banyak lagi manfaat dari diadakan perkemahan Camping Gembira ini. Pada malam hari saat acara api unggun dan pentas seni banyak masyarakat sekitar yang menonton. Ada juga orang tua siswa yang menjenguk anaknya di tenda. Setelah semua kegiatan perkemahan selesai acara di tutup dengan upacara penutupan dan diumumkan kelompok manakah yang menjadi terbaik. Anak-anak merasa senang dan bahagia selama kegiatan perkemahan ini berlangsung. Dan tentu akan menjadi momen yang tak terlupakan.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts