Informasi Pendidikan Dan Wisata

Asal Usul Nama Banyudono



Asal Usul Nama Banyudono. Banyudono adalah sebuah desa di kecamatan Banyudono yang letaknya di utara jalan raya Solo - Semarang. Di bagian utara di batasi sungai pepe yang airnya selalu mengalir. Sebelah timur banyak pabrik yang berdiri dan sebelah barat ada lapangan juga hamparan sawah. 

Nama Banyudono sendiri mempunyai arti Banyu=air Dono=pemberian. Jadi Banyudono adalah desa yang airnya melimpah, desa yang memberikan air terutama air kehidupan. Sesuai dengan namanya maka di utara kalurahan Banyudono ada sumber yang namanya Sumber Jembar. Sumber air yang mengalir sangat deras dan digunakan oleh warga sekitar untuk mencuci, mandi, atau keperluan lain. Konon katanya air di Sumber Jembar ini airnya terasa manis.


Asal Usul Banyudono

Dahulu kala ada seorang raja yang bernama Ki Ageng Pandanaran melakukan perjalanan panjang atau laku broto ke sebuah tempat. Pada waktu itu Ki Ageng Pandanaran merasa kehausan dan kelelahan. Maka dia singgah di sebuah desa untuk mencari air. Oleh warga di desa tersebut Ki Ageng Pandanaran diberi air minum agar rasa dahaganya hilang. Memang waktu itu warga di desa tersebut terkenal dengan keramahtamahannya. Bahkan di setiap emperan rumah selalu disediakan kendi atau gentong yang berisi air agar orang yang lewat bisa mampir atau sekedar minum air. Ki Ageng Pandanaran merasakan air minum di desa tersebut terasa lain dari pada lainnya. Airnya terasa manis bagaikan gula walau tidak dicampur apapun. Airnya murni tidak terasa pahit maupun asin. Singkat cerita setelah Ki Ageng Pandanaran berbicara ngobrol bersama keramahan masyarakat di desa tersebut maka oleh Ki Ageng Pandanaran nama Desa tersebut diberi nama Banyudono. Sebagai pengingat atas keramahtamahan masyarakat tersebut terhadap Ki Ageng Pandanaran dengan memberi air. 

Jadi Banyudono artinya air pemberian. Maksudnya daerah yang airnya melimpah dan memberikan air untuk keperluan apa saja. Di samping itu juga disebelah utara ada sungai yang selalu mengalir walaupun di musim kemarau. Ada juga taman bermain yang dijadikan tempat rekreasi keluarga. Namanya Kampoeng Tegal. Lokasinya di pinggir sawah dan sungai membuat tempatnya adem dan nyaman. Walaupun masih banyak pembenahan di sana sini, para pengunjung sudah merasa senang.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts