Informasi Pendidikan Dan Wisata

Bendungan Gisik Gembira



Bendungan Gisik Gembira. Di Banyudono terkenal dengan airnya yang melimpah sehingga dijuluki Banyu=air dan Dono=melimpah. Dengan lancarnya air maka masih banyak persawahan di desa Banyudono. Semua tanaman di sawah tampak subur dan hijau. Masyarakatnya banyak yang bekerja sebagai petani. Ada yang sebagai pemilik dan ada yang sebagai penggarap.

Di desa Banyudono mengalir sungai besar yang bernama Kali Pepe. Kali Pepe terhubung dari gunung mengalir hingga ke sungai Bengawan Solo. Untuk menahan luapan air atau banjir maka di bangun sebuah Bendungan atau tanggul sungai. Bendungan tersebut bernama Bendungan Gisik Gembira yang letaknya di dukuh Gisik. Bangunan itu sudah lama dibuat yaitu pada waktu penjajahan Belanda. Dulu dibuat tanggul seperti itu manfaatnya agar di Gisik dan sekitarnya tidak kebanjiran. Dan Alhamdulillah sampai sekarang masih bermanfaat bagi masyarakat.

Adapun manfaat dan kegunaan Bendungan Gisik Gembira yaitu :

1. Saluran Irigasi
Di Bendungan Gisik Gembira dibangun memang awalnya sebagai irigasi sawah. Mengaliri sungai-sungai kecil yang menghubungkan ke sawah di sekitar sungai. Sungai kecil itu dimanfaatkan masyarakat juga sebagai mencuci, mandi dan lain-lainnya. Dan terhubung jauh ke timur.

2. Sebagai Air Baku
Memang air itu sangat besar manfaatnya untuk masyarakat. Dengan dibangunnya bendungan tersebut bisa untuk mandi, mencuci dan menyirami tanaman melalui sungai kecil. Karena keberadaan tanggul itu untuk mengaliri sungai-sungai kecil juga.

3. Menahan Air Banjir
Di sungai itu sering kali banjir di musim hujan. Air luapan dari hulu akan mengalir sangat deras. Maka di Bendungan Gisik itu dibuat tanggul untuk menahan air luapan tersebut. Jadi air luapan bisa dikontrol mau mengalir kemana dan di atur sesuai tingkat ketinggian air.

4. Perikanan
Di Bendungan Gisik Gembira ini sering ditamburi benih ikan. Manfaatnya bila ikan sudah besar bisa untuk dipancing. Ini akan menambah daya tarik para pemancing untuk mengunjungi tanggul tersebut. Ikan yang besar bisa di jaring oleh warga sekitar buat lauk pauk.

5. Pariwisata
Sebenarnya di Bendungan Gisik Gembira itu sangat layak untuk tempat pariwisata. Kalau dikelola dengan benar bisa menambah daya tarik bagi masyarakat. Ini terbukti masih banyak masyarakat yang mengunjungi Bendungan Gisik Gembira untuk melihat-lihat atau duduk-duduk santai. Bahkan ada yang berenang.


Melihat banyaknya fungsi dan manfaat bagi masyarakat maka Bendungan tersebut harus dirawat dengan baik. Masih banyak sawah yang membutuhkan air dari bendungan tersebut. Di Bendungan juga di buat pengontrol air kemana mengalirnya sungai. Ada 3 sungai kecil yang disuplai airnya dari bendungan itu. Jadi sangat besar manfaat Bendungan Gisik Gembira bagi masyarakat.

Saya merasa senang bisa berbagi informasi tentang Bendungan Gisik Gembira ini kepada anda semua. Karena di sekitar saya masih ada tempat yang bagus untuk dikunjungi apalagi untuk berselfie foto. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
Share:

1 komentar:

  1. Tempatnya asyik sekali. Ada grojogan yang indah dan enak buat duduk-duduk santai.

    BalasHapus

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts