Informasi Pendidikan Dan Wisata

Gotong Royong Desa Dan Manfaatnya


Gotong Royong Desa Dan Manfaatnya. Hidup di desa kita sering menjumpai orang yang bergotong royong membangun rumah atau membersihkan jalan. Mereka bersama-sama bekerja dengan sukarela tanpa pamrih. Gotong Royong berasal dari kata Gotong = bekerja dan Royong = bersama. Jadi Gotong Royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan suka rela agar bisa berjalan dengan baik dan lancar. Dengan adanya gotong royong tentu akan memperingan suatu pekerjaan untuk masyarakat. Biasanya ini sudah menjadi budaya di kehidupan desa. Semua dikerjakan secara bersama-sama. Saling membantu tanpa adanya keterpaksaan, secara sukarela dan ikhlas.

Apalagi sekarang ini Indonesia mau memperingati hari kemerdekaan RI yang ke 75. Pasti seluruh masyarakat Indonesia akan bergotong royong mempersiapkan hari 17 Agustus. Ada yang membersihkan jalan, mengecat gapura dan jalan, memasang bendera dan umbul-umbul dan menghias pinggiran jalan. Semua bergembira dengan datang hari kemerdekaan RI. Bahkan sekarang lagi marak di depan rumah dipasang lampu kelap-kelip dan berwarna-warni. Di malam hari akan tampak gemerlap menambah semarak peringatan hari 17 Agustus mendatang.
Setiap kampung mempercantik desanya dengan mendesign jalan dan gapura secara unik. Diberi hiasan yang bernuansa kemerdekaan RI.

Semua itu dilakukan secara bersama-sama dan suka rela. Dan dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat. Ini beberapa manfaat dari Gotong Royong yaitu :

  1. Kebersihan lingkungan sangat dirasakan oleh seluruh masyarakat.
  2. Terjalinnya solidaritas di antara sesama warga.
  3. Kehidupan bermasyarakat akan lebih baik.
  4. Mempercepat pekerjaan dengan dilakukan secara bersama-sama.
  5. Mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan antar warga.
  6. Keamanan lingkungan akan terjamin.
  7. Ketentraman dan kedamaian akan terwujud.
Baca juga Kampung Tegal Kampung Halamanku

Dengan melihat banyaknya manfaat dari Gotong Royong diatas maka sangat dihidupkan lagi kegiatan gotong royong yang sudah menjadi tradisi hidup di desa. Karena nilai kebersamaan, persatuan, rela berkorban, saling membantu dan sosialisasi akan terlihat dari kegiatan Gotong Royong tersebut. Ada berbagai contoh bentuk Gotong Royong yaitu membersihkan jalan, membuat rumah, membantu orang sakit atau di tempat hajatan. Kita akan bersama-sama bekerja agar kegiatan itu cepat selesai.

Untuk di kehidupan kota sangat jarang kegiatan Gotong Royong ini bisa ditemui. Karena orang kota pada sibuk dengan urusan pekerjaan masing-masing. Bila orang kota akan mengadakan hajatan mereka akan membayar tenaganya. Tetapi ada juga di kota yang ada kegiatan gotong royongnya seperti membersihkan jalan, membuat tempat umum atau membersihkan masjid.

Jadi saya rasa hidup di pedesaan itu akan sangat tentram dan damai. Karena masyarakatnya yang ramah, sopan dan santun. Mau membantu siapa saja tanpa memandang status sosial dan ekonomi. Bahkan tanpa pamrih dan suka rela. Bila orang punya hajatan, warga akan datang membantu mempersiapkan segala sesuatunya. Ada yang mempersiapkan acaranya, mendekorasi tempatnya, menata kursi dan memasak.

Seperti di desa saya yang kecil. Kegiatan Gotong Royong sudah lama ada sampai sekarang. Walau desanya kecil yaitu di desa Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali sering mengadakan Gotong Royong. Contohnya membersihkan jalan, membuat pos kampling, membuat talut jalan dan membantu orang hajatan. Saya sangat senang bisa ikut serta dalam bergotong royong. Karena sangat besar manfaatnya. Saya sangat berterima kasih sudah menyempatkan diri mengunjungi blog ini. Semoga bermanfaat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts