Informasi Pendidikan Dan Wisata

Cara Belajar Yang Efektif Dan Efisien



Cara Belajar Yang Efektif Dan Efisien. Mempunyai anak yang pandai merupakan dambaan setiap orang tua. Dengan anak yang pandai tentu membuat orang tua menjadi bangga karena bisa mempunyai prestasi yang gemilang. Orang tua akan mencari cara bagaimana anak bisa menjadi pandai. Dengan belajar saja kadang masih kurang harus ditunjang dengan keaktifan anak tersebut. Sekarang banyak bimbingan belajar yang berdiri baik itu lembaga maupun perorangan. Belajar di sekolah saja kayaknya belum bisa menunjang membuat anak menjadi pandai.

Di samping anak belajar di sekolah tentu juga belajar di rumah yang dibimbing oleh orang tua. Tidak semua anak kalau disuruh belajar itu mau melakukannya. Ada anak yang malas disuruh belajar. Tetapi ada anak yang mau disuruh belajar. Tergantung bagaimana cara orang tua menerapkan sistem belajar di rumah itu. Sebenarnya ada banyak cara-cara belajar dan sistem belajar yang yang bisa menjadi pilihan anak. Tergantung kita untuk melakukan cara-cara belajar kepada anak. Kadang ada anak yang gampang menerima pemikiran oleh otak tetapi ada juga anak yang sulit untuk menerima pemikiran. Daya pikir anak itu berbeda-beda.

Disini saya ingin memberikan cara-cara belajar yang efektif dan efisien yang bisa menjadi pegangan bagi anak. Adapun cara-caranya sebagai berikut : 

1. Menentukan Tujuan Belajar
Sebenarnya tujuan kita belajar itu untuk apa. Kalau sudah tahu tujuan belajar akan membuat kita bisa menempatkan belajar sebagai kewajiban. Seperti contoh kita belajar supaya bisa lulus ujian. Jadi kita akan belajar dengan sungguh-sungguh. Dan telah mempersiapkan jauh sebelumnya.

2. Mengatur Jadwal Belajar
Kalau belajar di sekolah sudah dipastikan jadwal dan jam belajarnya sudah ditentukan. Untuk belajar di rumah kita harus bisa menentukan sendiri syukur bisa rutin setiap hari. Sebagai contoh kita menentukan belajar jam 7 - 9 malam, di waktu itu kita harus benar-benar untuk belajar. Kalau di awal mungkin akan sulit tetapi kalau sudah terbiasa akan menjadi enak dan mudah.

3. Membuat Suasana Belajar Yang Nyaman
Memiliki ruangan belajar yang nyaman tentu akan menambah kita untuk semangat untuk belajar. Di samping ruangan yang bersih dan rapi, boleh juga di luar ruangan seperti di taman atau kebon. Kadang orang kalau belajar ingin suasana yang tenang. Tetapi ada juga yang belajar sambil mendengarkan musik.

4. Belajar Bersama Teman
Belajar bersama teman itu kadang juga perlu. Disamping banyak teman tentu akan bisa bertukar pikiran. Kalau kita tidak tahu bisa bertanya kepada yang tahu. Atau bisa berdiskusi mencari jawaban yang benar. Jadi belajar bersama teman itu banyak juga manfaatnya.

5. Membuat Ringkasan Materi
Kalau belajar dengan buku yang tebal tentu akan membuat malas untuk membacanya. Sebaiknya kita buat ringkasan materi agar bisa dengan mudah untuk mengingatnya. Kita baca buku terus ditulis pokok-pokok materinya saja. Sewaktu-waktu diperlukan untuk belajar menjadi mudah untuk dipahami.

6. Memahami Materi Bukan Sekedar Menghafal
Belajar dengan memahami materi itu kadang sulit dibandingkan kalau kita menghafal. Tetapi inti dari belajar itu adalah memahami dan mengerti akan materi tersebut. Sedikit demi sedikit pasti bisa kita untuk memahami materi itu. Jangan terburu-buru dan terpaksa kalau belajar.

7. Tidak Malu Bertanya Dan Semangat
Kalau dalam belajar kita tidak tahu sebaiknya bertanya. Jangan diam saja. Kalau diam terus akan membuat kita tidak bisa maju. Bertanya kepada orang lain itu bagus. Membuat kita jadi tahu materi yang sulit itu. Dan mempertahankan semangat belajar juga keharusan. Rutinitas belajar juga harus dipertahankan.


Jika semua cara belajar yang efektif dan efisien diatas bisa dijalankan oleh anak akan membuat mudah bagi anak untuk bisa pandai. Karena anak yang pandai merupakan kunci keberhasilan dan kesuksesan di masa mendatang. Hanya dengan kepandaian di masa nanti kita tidak bisa dibohongi. Tentu dibarengi dengan kejujuran. Kesuksesan anak di masa mendatang juga tak lepas dari peran orang tua. Semakin orang tua memperhatikan anaknya akan semakin mudah anak mau menuruti nasehatnya.

Setelah saya amati bisa di ambil kesimpulan bahwa anak itu amanah dari Allah SWT yang diberikan kepada orang tua itu dididik. Dengan didikan orang tua dengan disuruh belajar sudah merupakan kewajiban orang tua terhadap anak. Dengan memberikan pendidikan anak suatu cara membuat anak bisa sukses di masa mendatang.

Saya hanya bisa memberikan sedikit nasehat "Belajarlah sungguh-sungguh, Raihlah cita-citamu setinggi langit, semoga kesuksesan menanti anda". Dan tak lupa saya mengucapkan terima kasih telah setia bersama blog ini. Semoga bisa bermanfaat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts