Informasi Pendidikan Dan Wisata

Masjid Al Huda Kerten Banyudono Boyolali


Masjid Al Huda Kerten Banyudono Boyolali. Masjid adalah sebuah tempat atau bangunan yang digunakan umat Islam untuk beribadah. Atau biasa disebut dengan Rumah Allah SWT. Biasanya orang pergi ke masjid untuk menjalankan sholat berjamaah baik itu sholat fardhu maupun sholat sunat. Di samping itu masjid bisa dipakai untuk berdakwah seperti kajian dan pengajian. Masjid merupakan tempat yang suci makanya selalu dibersihkan. Di dalam masjid juga ada adab dan aturan yang harus diperhatikan seperti berpakaian yang bersih dan rapi juga tidak boleh berbicara keras.

Di desa Banyudono sudah banyak berdiri masjid-masjid dan musholla yang digunakan oleh masyarakat untuk beribadah. Hampir setiap kampung sudah ada masjid atau musholla walau kecil tempatnya. Dan setiap masjid sekarang sudah ramai jama'ah yang melakukan sholat secara bersama-sama. Apalagi kalau sholat Maghrib dan isya selalu ramai dikunjungi para jama'ah. Kita sebagai umat Islam khususnya laki-laki wajib sholat di masjid. Di samping itu juga ada kajian-kajian rutin yang di isi oleh seorang ustadz.

Salah satu masjid yang ada di desa Banyudono adalah Masjid Al Huda yang terletak di Kerten RT 01 RW 04 Banyudono Boyolali. Masjid ini di bangun sudah lama sekali. Sebelum saya lahir masjid ini sudah ada. Bentuk masjid ini masih kuno sampai sekarang dan hampir mirip dengan Masjid Cipto Mulyo Pengging. Konon katanya kedua masjid ini saling berhubungan. Letak Masjid Al Huda sangat dekat dengan makam Astana Ngendo Kerten yang merupakan makam kerabat Mangkunegaran. Dan juga dekat dengan Kampoeng Tegal. Untuk warga sekitar sangat memakmurkan masjid ini terbukti banyak yang Sholat jama'ah dan kegiatan-kegiatan islami lainnya.

Adapun fungsi dan kegunaan Masjid Al Huda yaitu :

1. Tempat Beribadah
Fungsi utama dari masjid adalah untuk beribadah. Jadi wajar saja banyak orang yang datang ke masjid untuk sholat berjamaah. Ini juga dilakukan oleh siswa-siswi MIM Kerten Banyudono datang ke masjid untuk sholat Dhuha dan sholat Fardhu. Bahkan kadang ada orang luar yang singgah ke masjid ini untuk sembahyang.

2. Tempat Pendidikan
Selain untuk tempat beribadah, masjid juga digunakan untuk kajian-kajian atau membaca Al Qur'an. Dengan sering digunakan dakwah akan menambah ilmu bagi yang ikut kajian. Bahkan sering juga diadakan pengajian Akbar yang diisi oleh Dai kondang. Kadang siswa MIM Kerten Banyudono melakukan hafalan Al Qur'an murotal Al Qur'an di masjid Al Huda ini.

3. Tempat Musyawarah
Masjid juga bisa digunakan untuk musyawarah membahas perkembangan Islam dan kegiatan-kegiatan keislaman. Kalau menggunakan acara penting biasanya dilakukan musyawarah oleh takmir masjid bersama para jama'ah. Bahkan di dalam masjid kita bisa bertukar informasi dan pikiran di antara para jama'ah.

4. Tempat Akad Nikah
Sudah banyak masjid yang digunakan untuk akad nikah. Salah satunya di masjid Al Huda ini. Saya sudah menjumpai ada warga sekitar yang melakukan akad nikah di masjid ini. Memang sepertinya sangat afdol jika melakukan akad nikah di masjid.

5. Tempat Sosial Kemasyarakatan
Di masjid kita bisa untuk bersedekah dan berbagi ke sesama muslim. Seperti Zakat fitrah untuk diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu. Atau bisa juga bergotong royong membersihkan masjid dan sekitarnya.


Melihat banyaknya fungsi masjid maka kita harus memakmurkan masjid agar selalu ramai jama'ah dan banyak kegiatan keislaman. Dengan adanya masjid juga bisa menjalin ukhuwah islamiah di antara para jama'ah. Masjid juga bisa menjadi syiar untuk masyarakat sekitarnya dengan mengajak untuk berbuat kebaikan.

Tak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih buat anda yang masih setia mengunjungi blog ini. Saya pribadi akan selalu update artikel semampunya. Dan semoga adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts