Informasi Pendidikan Dan Wisata

Cara Mendidik Anak Menurut Islam



Cara Mendidik Anak Menurut Islam. Kehadiran anak dalam sebuah keluarga merupakan kebahagiaan yang tak terlupakan. Anak adalah amanah dari Allah SWT yang diberikan kepada orang tua. Maka kita wajib untuk membesarkan dan mendidiknya secara islami menurut tuntunan Nabi Muhammad SAW. Setiap orang tua pasti menginginkan memiliki anak yang Sholeh. Oleh karena itu kita harus mendidiknya secara benar dan terarah. Disamping itu anak juga bisa menjadi tabungan pahala jika anak itu Sholeh. Doa anak yang Sholeh merupakan salah satu amalan yang tidak terputus pahalanya. Seperti dalam Hadits Muslim, Nabi bersabda : "Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang sholeh."

Sebagian besar orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Dan memiliki anak yang Sholeh dan berbakti. Oleh karena itu orang tua harus mendidiknya secara benar menurut Islam. Mendidik anak itu ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Justru orang tua khawatir dan gelisah dalam mendidik anak ternyata keliru dan malah salah arah.

Dalam mendidik anak secara islami, Nabi Muhammad SAW telah banyak memberikan suri tauladan bagi kita sumua. Berikut cara mendidik anak sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW yaitu :
  1. Kenalkan anak dengan Allah
  2. Memperdengarkan Al Qur'an sejak lahir
  3. Mengajarkan dasar-dasar islam
  4. Mengajarkan tauhid
  5. Memerintahkan untuk sholat
  6. Memerintahkan untuk puasa
  7. Memberikan nama yang baik
  8. Selalu memberikan kasih sayang
  9. Membiasakan ucapan salam
  10. Berlaku adil dan tidak membedakan sesama anak
  11. Mengajarkan bersikap sederhana
  12. Senantiasa selalu mendoakan anak
  13. Memperhatikan anak dalam bergaul
  14. Menyatukan ibu dan anak
  15. Ajarkan berkata jujur dan menepati janji
  16. Memperhatikan pendidikan anak
  17. Mengajarkan anak menutup aurat
  18. Mengajarkan anak bersedekah dan berbagi
  19. Mengajarkan selalu menjaga kebersihan
  20. Memisahkan tempat tidur anak

Baca juga Belajar Sambil Bermain

Itulah cara-cara dalam mendidik anak secara islami. Sebagai orang tua punya strategi agar dalam mendidik anak jadi lancar. Yang terpenting secara terarah dan teratur sesuai tuntunan Rasulullah. Sudah banyak ustadz atau ustadzah yang memberikan ceramah tentang bagaimana cara mendidik anak yang benar. Disamping itu juga anak jika di sekolahkan di pondok pesantren tentu juga akan terarah didikannya. 

Kalau dari sejak anak usia dini sudah dididik tentu sangat mudah dalam perkembangannya. Sedikit demi sedikit diajarkan ilmu agama dan ilmu pengetahuan maka anak akan sangat mudah dalam menerimanya. Karena pikiran anak itu akan mudah menghafal. Tentu juga harus mempraktekkan. Pendidikan anak juga perlu diperhatikan. Sebaiknya memilh sekolah yang berwawasan agama seperti madrasah atau pondok pesantren. Karena disini akan diajarkan ilmu agama yang bisa menjadi bekal di masa mendatang.

Keberhasilan dalam mendidik anak tergantung dari orang tua. Kalau orang tua serius dalam memperhatikan anaknya tentu juga akan memperhatikan dalam didikannya. Mau diarahkan kemana orang tua harus pandai memperhitungkan. Anak kalau sejak usia dini selalu dekat dengan orang tua pasti akan menurut. Menurut yang orang tua ajarkan. Sebagai orang tua harus bisa memberi contoh tingkah laku dan perbuatannya sehari-hari yang baik kepada anaknya. Supaya anak ikut menurut tingkah lakunya. Sebagai contoh mengajak sholat ke masjid, membaca Al Qur'an bersama dan berdiskusi bersama.

Jadi dalam mendidik anak itu tergantung dari orang tua. Keberhasilan dan kesuksesan anak terlahir dari peran orang tua dalam mendidik. Kebersamaan orang tua dengan anak bisa menjadi salah satu kunci keberhasilan anak.
Share:

2 komentar:

  1. Iya setuju, dan sekarang banyak loh Muslim yang sudah lupa dan kadang gak perduli lagi. Miris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget. Makanya sesama muslim harus saling mengingatkan.

      Hapus

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts