Informasi Pendidikan Dan Wisata

Pemandian Umbul Pengging

 

Pemandian Umbul Pengging. Di Boyolali memang terkenal dengan daerah wisata yang sangat indah. Letaknya geografisnya yang di daerah pegunungan dan daerah perairan membuat pemandangan Boyolali sangat layak untuk dikunjungi. Daerah sebelah barat banyak tempat wisata di area pegunungan sedangkan di daerah sebelah timur ada wisata air yaitu kolam renang atau umbul.

Salah satu tempat wisata air di Boyolali yang terkenal adalah Pemandian Umbul Pengging atau Pemandian Umbul Tirtomarto. Tetapi masyarakat lebih sering menyebutnya Umbul Pengging. Umbul Pengging merupakan komplek pemandian peninggalan kasunanan Surakarta. Letaknya di desa dukuh, kecamatan Banyudono, Boyolali. Pemandian ini dibangun oleh Raja Kasunanan Surakarta yaitu Sri Paduka Paku buwono X. Awalnya pemandian ini tempat bersantai raja dan keluarganya. Seiring berjalannya waktu pemandian ini dibuka untuk masyarakat umum.

Di komplek pemandian umbul Pengging terdapat 3 umbul yaitu :

1. Umbul Temanten

Umbul ini letaknya di depan sendiri dan dekat dengan tempat parkir. Pemandian ini memiliki ukuran yang luas dan dalam. Kedalaman kolam mencapai 2 meter, tetapi ada juga tempat yang dangkal yang diperuntukkan anak-anak. Umbul ini merupakan tempat favorit bagi masyarakat.

2. Umbul Ngabean

Umbul Ngabean letaknya di sebelah timur. Dulu umbul ini merupakan tempat santai dan mandi oleh raja kasunanan Surakarta dan keluarganya. Ini terbukti sampai sekarang nuansa pemandian seperti istana raja. Di umbul ini kedalaman air sekitar 1.5 meter lebih dangkal dari umbul Temanten.

3. Umbul Dudo

Umbul dudo terletak di sebelah belakang umbul Temanten. Ukuran umbul ini memang tidak terlalu besar dan kedalaman airnya sekitar 1 meter. Walau demikian airnya juga jernih dan bersih.

Baca juga Rekreasi Keluarga Di Boyolali

Dengan adanya 3 umbul ini membuat masyarakat senang untuk berenang. Tinggal memilih mana yang lebih disukai. Kalau saya sendiri lebih menyukai umbul temanten. Disamping airnya jernih juga kedalaman kolamnya yang dalam. Dan Umbul Temanten menjadi tempat berenang favorit bagi masyarakat.

Rute Tempat Umbul Pengging

Akses menuju ke tempat pemandian Umbul Pengging sangatlah mudah karena terletak di pusat Pengging. Dari arah Solo lurus ke barat ke arah Boyolali sampai di pertigaan Ngangkruk belok ke kiri sekitar 1 kilometer. Dari arah Boyolali bisa lurus ke timur ke arah kartosuro sampai di pertigaan Ngangkruk belok kanan sekitar 1 kilometer. Untuk dari daerah lain bisa menggunakan peta atau petunjuk arah.

Sebenarnya di dekat pemandian Umbul Pengging juga ada pemandian yang lain yaitu Umbul Sungsang, Umbul Cendat dan Umbul Sewu. Tetapi masyarakat lebih memilih berenang ke pemandian Umbul Pengging. Ini terbukti banyak pengunjung yang datang ke umbul ini untuk berenang. Karena di Umbul Pengging ini fasilitasnya juga lengkap ada Warung makan, Permainan anak, Olah raga Tenis dan tempat parkir yang luas.

Apalagi menjelang bulan puasa atau 1 - 2 hari sebelum puasa masyarakat memadati Umbul Pengging untuk mandi. Sering disebut Padusan. Tradisi ini menjadi turun temurun sejak dulu. Bahkan dalam rangka tradisi Padusan ada juga musik dangdut. Tentu membuat masyarakat tertarik untuk mengunjungi Umbul Pengging.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts