Informasi Pendidikan Dan Wisata

Manfaat Anak Bermain Di Alam Bebas


Manfaat Anak Bermain Di Alam Bebas. Mempunyai anak yang selalu aktif bergerak tentu menjadi dambaan setiap orang tua. Karena dengan aktif bergerak anak akan tumbuh sehat. Entah itu bergerak untuk bermain atau berolah raga. Anak itu memang akan selalu bermain untuk rutinitas sehari-harinya. Baik itu di ruang tertutup maupun ruang terbuka. Karena dunia anak itu akan selalu bermain sudah menjadi kodratnya.

Salah satu tempat bermain bagi anak yaitu di alam bebas. Orang tua sekali-kali harus mengajak anaknya untuk bermain di alam bebas. Agar tidak bosan kalau bermain di rumah terus. Bisa diajak ke tempat outbound anak atau juga diajak ke taman bermain. Agar anak bisa mengenal hal-hal baru di alam bebas. Bisa mengenal lingkungan yang baru. Bermain di alam bebas juga bisa dilakukan sambil belajar mengenal tumbuhan dan hewan. Pasti akan membuat anak senang dan bahagia.

Manfaat Anak Bermain Di Alam Bebas

Ternyata anak bermain di alam bebas itu mempunyai manfaat yang besar antara lain :

1. Membuat Anak Selalu Bersyukur Atas Nikmat Allah.

Dengan mengajak anak bermain di alam bebas bisa membuat anak menjadi tahu akan keindahan alam seperti gunung, pantai, hamparan sawah, hutan dan langit yang biru. Semua itu ciptaan Allah. Dengan begitu anak akan merasa senang melihat kebesaran Allah itu. Maka akan selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan.

2. Penglihatan Anak Menjadi Lebih Bagus.

Anak yang selalu pergi ke tempat alam akan melihat pemandangan yang indah dari kejauhan. Ini bisa melatih otot motorik pada mata. Karena kalau mata sering melihat dari jarak dekat tanpa di imbangi dengan melihat dari jarak jauh tentu tidak baik. Jadi sekali-kali anak diajak ke alam sambil melihat pemandangan. Anak yang menghabiskan waktu di luar ruangan mempunyai penglihatan yang bagus dibanding anak yang bermain di dalam ruangan.

3. Anak Tidak Gampang Stres.

Dengan mengajak anak bermain di alam bebas akan terhindar dari stres. Karena anak yang bermain di alam bebas tentu membuat hati menjadi senang dan bahagia. Misalnya anak kalau susah makan maka ajaklah keluar rumah sambil makan. Pasti anak akan menjadi mau makan.

4. Kemampuan Sosial Anak Meningkat.

Anak yang bermain di alam bebas seperti taman outbound pasti akan berbaur menjadi satu dengan anak yang lainnya. Dengan begitu anak akan menjadi kenal dengan anak yang lain. Disinilah timbul sosialisasi di antara anak. Saling membantu untuk bermain.

5. Meningkatkan Kreativitas Dan Kemampuan Anak.

Dengan mengunjungi tempat wisata alam akan membuat anak berpikir dengan suasana baru. Ini akan menjadikan anak untuk mengetahui hal-hal yang baru di tempat itu. Maka timbul anak untuk berkreatif sesuai dengan kemampuan anak.

6. Wawasan Anak Meningkat.

Di alam bebas tentu banyak jenis flora dan fauna. Dengan anak bermain di alam bebas akan menjumpai beraneka ragam jenis tumbuhan dan hewan. Dan tentu lama kelamaan akan jadi mengetahui nama tumbuhan dan hewan tersebut. Wawasan anak menjadi bertambah.

7. Membuat Anak Cinta Lingkungan.

Dengan mengajak anak bermain di alam membuat perilaku anak menjadi lebih baik. Seperti di alam bebas tidak boleh membuang sampah sembarangan atau bisa juga menyayangi hewan dan tumbuhan. Ini akan membuat anak semakin cinta dengan lingkungan.

8. Anak Menjadi Berani Mencoba Hal Yang Baru.

Di alam bebas buat anak mungkin menjadi hal yang baru. Karena biasanya anak bermain di rumah. Dengan hal-hal yang baru tentu anak akan mencoba untuk bermain. Seperti bermain di sungai, sawah atau semak. Anak menjadi lebih berani karena sering bermain di alam bebas.

9. Meningkatkan Kebersamaan Dan Kekompakan.

Bermain di alam bebas bersama keluarga tentu akan membuat anak merasa ada temannya. Kebersamaan dengan keluarga menjadi sering dilakukan dan akan membuat anak semakin bahagia dan bersemangat. Hadirnya keluarga akan menambah Kekompakan.

10. Meningkatkan Kemampuan Motorik.

Anak yang bermain di alam bebas tentu tubuhnya banyak bergerak. Dengan begitu gerak sendi dan otot menjadi terlatih. Atau juga mengamati tumbuhan dan hewan juga melatih motorik halus perasaan. Melihat pemandangan yang sangat indah. Hati menjadi tenang dan nyaman.

Baca juga Belajar Sambil Bermain

Jadi mengajak anak bermain di alam bebas sangat disarankan walau tidak terlalu sering. Bisa sebulan 2 kali di waktu longgar. Apalagi sekarang sudah banyak wisata alam yang dibuat oleh pemerintah maupun perorangan. Wisata alam banyak menyajikan pemandangan gunung, laut maupun hutan yang dibikin tempat wisata. Apalagi di daerah pegunungan banyak sekali tempat wisata alam.

Berkunjung ke wisata alam sebaiknya bersama keluarga agar anak ada yang mengawasi kalau bermain. Kebersamaan keluarga sangat dirasakan. Bermain di alam bebas akan membuat anak merasa senang dan gembira. Seperti di tempat wisata outbound yang menyajikan wahana-wahana permainan yang telah disediakan. Juga jenis permainan yang telah ditetapkan. Tentu akan membuat jiwa anak semakin bersemangat. Maka ajaklah anak bermain di alam.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts