Informasi Pendidikan Dan Wisata

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Mudah

 


Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Mudah. Sakit gigi itu sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Di samping gigi terasa sakit biasanya diikuti dengan sakit kepala. Banyak orang merasa kesakitan kalau sedang sakit gigi. Mau makan terasa tidak enak, mau tidur terasa tidak nyaman, mau berbuat apa saja terasa malas. Bikin hati ingin emosi terus.

Sakit Gigi biasanya disebabkan oleh kerusakan, infeksi dan kesalahan pada perawatan gigi anda sehingga menimbulkan gigi terasa sakit. Ini semua ditandai dengan nyeri dan ngilu pada gigi atau gusi. Atau disebabkan adanya sisa makanan yang masih menempel di gigi. Apalagi kalau gigi berlubang pasti banyak bakteri yang menempel di gigi yang bisa menyebabkan gigi terasa sakit. Gigi yang berlubang kalau terkena air es juga bisa menjadi gigi terasa sakit. Apalagi di musim dingin gigi juga bisa terasa sakit.

Cara Mengobati Sakit Gigi

Sebenarnya untuk mengobati sakit gigi bisa dengan minum obat atau pergi ke dokter. Tetapi kalau sakit gigi menyerang di malam hari repot juga mencari obat. Untuk itu disini saya ingin memberikan tips mengobati sakit gigi dengan bahan yang mudah dijumpai di rumah. Adapun cara untuk mengobati sakit gigi dengan mudah yaitu :

1. Garam

Ibu-ibu pasti mempunyai garam di rumah. Garam bisa menjadi obat sakit gigi yang sangat mudah. Caranya garam dilarutkan dalam air hangat. Setelah itu berkumurlah dengan air garam tersebut. Air garam bersifat desinfektan alami dan mampu melonggarkan sisa makanan dan kotoran yang berada di sela-sela gigi. Air garam juga bisa mengurangi peradangan pada gusi dan menyembuhkan luka pada mulut.

2. Bawang Putih

Selain digunakan untuk bumbu dapur ternyata bawang putih juga bisa mengobati sakit gigi. Bawang putih memiliki sifat sebagai anti bakteri sehingga mampu mengatasi bakteri yang menempel pada gigi. Selain itu juga bisa menghilangkan rasa nyeri dan plak pada gigi. Caranya cukup mudah yaitu bawang putih dihaluskan kemudian dioleskan pada gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit setelah itu berkumurlah dengan bersih.

3. Jahe

Jahe biasanya digunakan untuk bumbu masak atau membuat minuman hangat. Tetapi jahe bisa juga digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Jahe mempunyai sifat anti biotik yang alami yang mampu mengatasi rasa sakit gigi yang disebabkan oleh bakteri atau kuman. Caranya jahe ditumbuk secara halus. Kemudian dioleskan pada gigi yang sakit. Tunggulah beberapa menit setelah itu berkumurlah. Lakukan setiap hari selama gigi masih sakit.

4. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji ternyata mampu menghambat bakteri di mulut dan bersifat anti mikroba yang meredakan rasa sakit pada gigi. Selain itu juga mampu mengatasi kerusakan gigi, radang gusi dan menyembuhkan sariawan. Caranya dengan mengunyah beberapa lembar daun jambu biji yang telah dibersihkan sampai lembut. Setelah itu diamkan beberapa saat di dalam mulut agar kandungan daun jambu biji bekerja.

5. Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh ternyata bisa juga dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan pada gigi. Karena minyak cengkeh mengandung Eugenol yang memiliki sifat sebagai antiseptik yang alami. Caranya cukup mudah yaitu minyak cengkeh diteteskan pada cutton buds. Setelah itu oleskan pada gigi yang terasa sakit. Atau juga bisa minyak cengkeh dilarutkan dalam air sebagai obat kumur untuk mengurangi rasa sakit pada gigi.

6. Cukai Sari Apel

Cukai Sari Apel dapat mengurangi bakteri pada gigi dan infeksi gigi. Selain itu juga bisa menghilangkan rasa sakit dan peradangan gigi. Caranya larutkan cukai sari sari apel dengan air. Berkumurlah larutan tersebut. Atau juga bisa meneteskan pada cutton buds. Dan oleskan pada area gigi yang sakit.

7. Teh Peppermint

Teh Peppermint ternyata juga bisa mengurangi rasa sakit gigi dan menenangkan gusi yang sensitif. Karena Peppermint mengandung rasa mentol yang merupakan anti bakteri. Dinginkan kantong teh Peppermint dalam freezer. Setelah itu tempelkan pada area gigi yang sakit.

Baca juga Manfaat Buah Mentimun

Sebenarnya masih banyak lagi obat sakit gigi yang alami. Tetapi cara di atas sudah cukup dan bahannya mudah dicari bahkan telah tersedia di rumah. Memang apabila sakit gigi menyerang membuat kita merasakan sakit yang luar biasa. Apalagi kalau gusi sampai bengkak bisa membuat kita jadi uring-uringan. Ingin makan tidak enak, ingin tidur tidak nyenyak dan ingin apapun tidak terasa nyaman.

Tetapi kalau dengan cara di atas gigi masih terasa sakit sebaiknya langsung dibawa ke dokter untuk diperiksa. Supaya bisa ditangani secara benar. Di kasih obat yang benar juga. Yang terpenting adalah supaya menjaga kesehatan gigi dengan cara menggosok gigi secara teratur. Dengan kebersihan gigi yang teratur akan membuat gigi kita menjadi kuat dan tidak berlubang. Bakteri dan kuman yang merupakan penyebab sakit gigi akan hilang dan mati kalau kita rajin menggosok gigi. Saran saya jagalah kebersihan dan kesehatan gigi.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts