Informasi Pendidikan Dan Wisata

Peran Penting Orang Tua Dalam Pendidikan Anak



Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Anak adalah anugerah terindah yang diberikan oleh Allah SWT sebagai amanah orang tua. Oleh karena itu orang tua wajib memberikan segala sesuatu yang terbaik bagi anak agar dapat tumbuh berkembang dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Salah satunya dengan pendidikan yang tepat dan benar. Perkembangan anak sangat tergantung dari peran orang tua dalam mendidik.

Pendidikan anak yang baik itu justru dari peran orang tua di samping dari guru di sekolahan. Karena yang pertama kali berperan dalam perkembangan anak itu berasal dari keluarga. Sejak anak lahir di asuh oleh orang tua. Orang tua mengajarkan cara berjalan dan berbicara. Juga orang tua mengajarkan berpikir dengan mengenalkan lingkungan maupun bentuk barang. Pendidikan langsung dari orang tua bisa berupa mengenalkan tata krama, sopan santun, norma dan pola pemikiran anak. Pertumbuhan yang baik bisa membuat anak akan menjadi lebih mudah dalam menangkap pola pikir. Jadi pendidikan anak itu tidak tergantung dari materi atau harta dan juga dari guru sekolahan saja. Tetapi dari peran orang tua dalam memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang baik.

Berikut ada beberapa peran orang tua dalam pendidikan anak di antaranya adalah :

1. Memberikan Contoh Yang Baik
Dalam kehidupan sehari-hari hubungan orang tua dan anak sangat erat sekali. Setiap hari pasti selalu bersama. Di saat kebersamaan keluarga tersebut orang tua bisa mengajarkan tentang mana yang baik dan mana yang buruk. Ini bisa dilakukan dengan tingkah laku sehari-hari. Pengenalan ini juga bisa dilakukan dengan memberi contoh. Misal mengajak berbuat baik atau menolong orang.

2. Memilih Tempat Sekolah Yang Baik
Sekarang banyak sekali bermunculan sekolah yang baru. Ini akan membuat orang tua dalam menyekolahkan anaknya menjadi kebingungan. Semua sekolah pasti baik. Untuk itu dalam memilih sekolah sebaiknya yang menentukan anak. Orang tua hanya menyarankan saja. Agar anak bisa belajar dengan nyaman dan senang.

3. Mengenalkan Hal-hal Yang Baru
Ini bisa dilakukan dengan mengajak anak berekreasi sambil belajar. Pergi le suatu tempat dengan mengenalkan benda-benda yang ada di alam sekitar. Misalnya ke kebun binatang dengan mengenalkan nama binatang dan tumbuhan. Dengan cara seperti ini akan membuat anak-anak menjadi senang. Atau bisa ke tempat outbound yang bisa membuat anak tambah kreatif dan mandiri.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak
Dengan mengenalkan orang lain untuk mengobrol atau di sekolahan bisa bersama teman sekelasnya untuk berdiskusi mengenai suatu pelajaran. Ini akan menumbuhkan kepercayaan diri pada anak. Bisa juga dengan menemani anak belajar dan memberi pengertian tentang pekerjaan rumah dari sekolahannya.

5. Mengawasi Aktivitas Anak
Rutinitas anak sehari-hari perlu diawasi agar tidak terjadi kesalahan. Boleh bermain tetapi perlu dibatasi. Dalam belajar pun perlu diawasi kalau perlu di ajarkan soal mana yang sulit bagi anak. Dalam bermain pun perlu di temani agar orang tua bisa berperan dalam kehidupan anak. Di sekolah juga harus diperhatikan perkembangan anak dengan bertanya kepada guru 

6. Memberikan Semangat Kepada Anak
Kadang anak akan malas kalau disuruh belajar. Untuk itu orang tua harus bisa memberikan Semangat dan dukungan kepada anak. Misalnya membuat tempat belajar yang nyaman atau juga dengan menemani belajar. Bisa juga belajar di luar tempat dengan mengajak ke taman bermain atau tempat rekreasi keluarga. Tentu anak akan menjadi tambah semangat dalam belajar.


Dengan keberadaan orang tua dalam mendidik anak bisa memotivasi diri pada anak dalam belajar. Peran orang tua sangat penting. Namun banyak orang tua yang menyerahkan sepenuhnya dalam pendidikan anak di sekolah dan kurang memberikan perhatian kepada anak dengan alasan sibuk. Jadi peran penting orang tua harus diperhatikan agar perkembangan anak menjadi baik. Keberhasilan anak suatu hari juga tergantung dari peran orang tua di samping peran guru juga.

Pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan anak bukan hal yang sepele. Karena dengan pendidikan bisa menjadi modal utama anak kedepannya bisa bertahan dalam menghadapi perkembangan zaman. Keberhasilan dan kesuksesan akan bisa dicapai kalau anak sejak usia dini sudah diberi pendidikan yang baik. Di arahkan dan diperhatikan dalam pendidikan baik di rumah maupun di sekolahan.

Karena itu orang tua harus memperhatikan anak-anak, melihat potensi dan bakat yang ada pada diri anak, memberikan sarana maupun prasarana baik itu di rumah atau sekolah serta memberikan motivasi dan semangat dalam belajar. Dengan ini anak akan menjadi terarah dalam pendidikan. Kesuksesan dan keberhasilan mudah dicapai seperti yang menjadi dambaan orang tua.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts