Informasi Pendidikan Dan Wisata

Cara Membuat Gazebo

 


Cara Membuat Gazebo. Gazebo adalah sebuah tempat yang bentuknya seperti rumah yang digunakan untuk berteduh dan duduk-duduk santai. Gazebo banyak dijumpai di taman, sekolah dan halaman rumah. Sekarang lagi trend di halaman sekolah dibuat Gazebo Sekolah yang digunakan untuk jam istirahat atau belajar. Atau juga yang mempunyai halaman rumah yang luas bisa dibuat gazebo agar tampak lebih indah selain dibikin taman.

Sebenarnya manfaat dari gazebo itu banyak antara lain untuk bersantai ria, untuk belajar dan tempat makan minum. Seperti di Taman Bermain Kampoeng Tegal ada beberapa gazebo yang sudah dibuat yaitu Gazebo Al Qomariyah dan Gazebo Al Syamsiyah. Pembuatan gazebo tersebut dilakukan sendiri supaya biayanya murah.

Memang pembuatan gazebo itu lebih murah daripada membeli gazebo yang sudah jadi bisa mencapai 3 juta lebih. Tergantung model dan bentuk. Untuk orang yang memiliki halaman luas sangat baik dibikin gazebo sendiri. Pembuatan gazebo pada dasarnya sangat mudah kalau sudah tahu proses dan prinsip dalam pembuatan gazebo. Yang perlu diperhatikan cuma bahan dan tempatnya. Bahannya bisa menggunakan bambu atau kayu.

Untuk itu disini saya akan memberikan sedikit informasi tentang bagaimana Cara Membuat Gazebo yang bagus dan murah. Caranya yaitu :

1. Persiapan Bahan Dan Lokasi.
Sebelum kita membuat gazebo pertama persiapkan bahan-bahan yang digunakan. Misalnya kayu, bambu dan bahan yang lain. Untuk lokasi cari tempat yang agak luas. Bisa di halaman rumah atau sekolah. Kalau di rumah ditempatkan yang agak jauh dari rumah dan pohon. Agar bisa aman dari kejatuhan ranting pohon.

2. Pembuatan Konsep Dan Bentuk.
Dalam pembuatan gazebo itu perlu konsep agar nanti dalam pengerjaannya berjalan dengan lancar dan sukses. Misal mau bikin gazebo dengan model atau bentuk yang segi empat atau segi enam. Setelah itu menggunakan bambu atau kayu sebagai tiangnya. Untuk konsep sebaiknya disesuaikan dengan alam sekitarnya bisa di rumah dan bisa di sekolah.

3. Tahap Pemasangan Tiang.
Dalam tahap ini diperlukan 4 bambu petung dengan panjang 3 meter. Untuk pengerjaan tumpuan tiang sebelumnya harus dibuat dulu dengan dicor agar kuat. Setelah itu tiang bambu didirikan di tempat yang telah ditetapkan. Untuk ukuran tergantung dari pembuatan.

4. Tahap Pemasangan Dinding Samping.
Pengerjaan ini dengan melubangi tiang bambu sebagai tempat bambu melintang samping. Agar tiang berdiri kuat. Pemasangan bambu melintang di samping harus di bawah juga di atas. Pembuatan tahap ini ukurannya harus pas agar gazebo bisa berdiri kokoh. 

5. Tahap Pembuatan Alas.
Untuk tahap ini pengerjaannya cukup mudah. Tinggal memasang papan atau belahan bambu pada bambu melintang disamping sebelah bawah. Agar semakin kuat dibawahnya diberi tumpuan lagi bambu melintang.

6. Tahap Pemasangan Atap.
Dalam tahap ini pembuatannya seperti membuat atap rumah. Cuma untuk model gazebo atapnya berbentuk limas. Untuk atapnya bisa memakai genting atau serabut. 

7. Tahap Finishing.
Tahap akhir dalam pembuatan gazebo yaitu pengecatan dan perbaikan supaya gazebo tambah cantik. Penguatan dengan memberi penguat kayu di sudut pojok. Kalau perlu pada sambungan diberi lilitan tali agar gazebo terlihat rapi dan bagus.


Bagaimana? Mudah bukan. Disamping dalam pembuatan gazebo sendiri lebih murah kita bisa menentukan model dan bentuk sendiri. Mau dipercantik sesuai dengan keinginan sendiri. Kalau pembuatan gazebo sendiri itu mempunyai rasa yang berbeda. Bikin hati jadi mantap. 

Mempunyai gazebo sendiri di halaman rumah bisa dipakai untuk santai bersama keluarga. Untuk makan dan minum bersama keluarga. Bahkan untuk belajar buat anak-anaknya. Jadi pembuatan gazebo itu sangat diperlukan. Di sekolah juga bisa dibikin gazebo untuk menambah lingkungan sekolah.

Hanya itu dulu penyajian artikel tentang Cara Membuat Gazebo sendiri. Saya berharap Anda semua bisa menerima blog ini menjadi blog kesayangan Anda. Tunggu artikel selanjutnya yang lebih menarik.

Share:

4 komentar:

  1. Sangat luar biasa mas, membuat Gazebo ini biasa memakan berapa hari mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Pengerjaan nya 1 minggu. Dan sangat bermanfaat sekali.

      Hapus
  2. Klo ditempat saya mah saung nama nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar gan. Disini juga saung juga. Tapi lebih kerennya orang menamai gazebo.

      Hapus

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts