Informasi Pendidikan Dan Wisata

Manfaat Buah Mentimun

 

Manfaat Buah Mentimun. Di Indonesia buah mentimun banyak dijumpai di desa maupun di kota. Buah mentimun kerap juga disebut buah ketimun atau timun. Banyak dijual di pasar-pasar atau di supermarket. Buah mentimun adalah buah yang sering dijadikan sebagai pelengkap dalam makan. Dijadikan lalapan sambil makan. Buah yang kaya akan air ini ternyata mampu menetralisir makanan.

Untuk mendapatkan buah mentimun sangat mudah sekali. Karena buah ini tumbuh subur di daerah-daerah dan sangat mudah menanamnya. Di pasar-pasar juga banyak dijual dan harganya relatif murah. Buah mentimun ternyata banyak jenisnya. Ada yang besar maupun ada yang kecil. Buah mentimun sangat enak langsung di makan apalagi buahnya yang masih muda. Sangat segar dan banyak airnya.

Ternyata buah mentimun banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan baik untuk tubuh maupun kulit. Manfaat Buah Mentimun yaitu :

1. Nutrisi Tinggi

Buah mentimun itu rendah kalori tetapi mempunyai banyak vitamin dan mineral lainnya yang penting untuk tubuh. Mengkonsumsi langsung buah mentimun tanpa dikupas itu dapat  memaksimalkan nutrisi yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan. Buah mentimun juga kaya kandungan air yang tinggi.

2. Menurunkan Berat Badan

Salah satu asupan yang baik dalam program penurunan berat badan adalah buah mentimun. Jus atau air buah ini memiliki air mineral yang tinggi sehingga akan menurunkan kadar kalori di dalam tubuh. Karena dengan meminum air mentimun mampu membuat anda merasakan kenyang dengan kadar kalori yang rendah.

3. Melindungi Tulang

Buah mentimun merupakan sumber vitamin K yang tinggi. Satu gelas jus mentimun mengandung 22 persen asupan vitamin K yang hari di konsumsi setiap hari. Ini sangat baik untuk kesehatan tulang anda. Karena buah mentimun mempunyai banyak kalsium yang baik untuk tulang.

4. Mengatasi Bengkak Di Sekitar Mata

Orang yang sering begadang atau sering menatap komputer akan membuat mata menjadi bengkak. Untuk mengatasinya cukup mudah dengan irisan buah mentimun yang ditempelkan di kedua mata sambil berbaring maka mata menjadi normal kembali.

5. Menurunkan Gula Darah

Buah mentimun dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mencegah komplikasi diabetes. Dalam penelitian bahwa kulit buah mentimun mampu membalikkan perubahan dalam diabetes dan dapat menurunkan kadar gula darah.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah mentimun banyak mengandung silikon, fluorin dan kalium. Buah mentimun juga memiliki kadar kalori yang rendah sehingga manfaat buah mentimun dapat mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh. Caranya cukup mudah dengan sering mengkonsumsi air perasan buah mentimun.

7. Merawat Kulit

Bagi anda yang wajahnya berjerawat cukup menggunakan masker buah mentimun. Karena buah mentimun mengandung vitamin B5 yang baik untuk kesehatan kulit.

8. Mendapatkan Hidrasi Tambahan

Di dalam tubuh manusia itu memerlukan kadar air yang banyak. Karena air dapat membawa nutrisi ke seluruh tubuh. Buah mentimun sendiri mempunyai kadar air yang tinggi sehingga orang yang mengkonsumsi buah mentimun sangat bermanfaat untuk hidrasi.

9. Mampu Mengeluarkan Racun Dari Tubuh

Buah mentimun mempunyai sifat diuretik atau bisa memicu produksi air seni. Hal ini akan semakin sering mendorong bakteri, racun-racun dan zat hasil metabolisme bisa keluar dari tubuh melalui urine. Karena dengan meminum air perasan buah mentimun mampu menetralisir racun dalam tubuh.

Baca juga Menikmati Makan Di Sawah

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat buah mentimun yang lain. Untuk cara mengkonsumsinya ada banyak cara. Dengan dibikin jus, dibikin acar, dibikin rujakan atau lotis dan di makan langsung. Untuk mendapatkan timun bisa beli di pasar. Pilihlah yang masih muda dan segar agar buahnya terasa enak.

Banyak manfaat dari buah mentimun untuk kesehatan tubuh kita sehingga sangat dianjurkan untuk selalu makan buah mentimun. Apalagi kalau dibuat jus akan terasa segar meminumnya. Buah mentimun juga kesukaan saya untuk dibuat lotis. Meski ditambah dengan buah yang lainnya.

Share:

2 komentar:

  1. Saya paling suka sama timun,,enk dbuat lalapn sambal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang mentimun sangat enak buat lalapan. Apalagi buat lotis terasa nikmat. Thank kunjungannya.

      Hapus

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts