Informasi Pendidikan Dan Wisata

Kunci Hidup Bahagia Menurut Islam

 

Di bulan September 2020 ini saya hadir kembali untuk anda yang selalu menantikan update terbaru artikel blog Kampoeng Tegal ini. Pada kesempatan ini saya ingin menulis sebuah artikel yang membahas Kunci Hidup Bahagia Menurut Islam. Saya merasa artikel ini penting sekali agar kita bisa menerapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Pada dasarnya setiap orang itu ingin hidup bahagia baik di dunia maupun di akhirat. Hidup bahagia pun menjadi salah satu tujuan hidup sehingga banyak yang berlomba-lomba mengejar kebahagiaan melalui harta kekayaan, karier dan materi. Namun sayangnya mereka tidak menyadari bahwa kebahagiaan itu sebenarnya dari hati. Hatilah yang menentukan bahwa seseorang itu bahagia atau tidak bahagia.

Semua manusia pasti menginginkan hidup bahagia tetapi tidak semua bisa merasakannya. Terkadang banyak halangan dan rintangan menjadi hidup tidak bahagia. Seakan hidup ini selalu membosankan. Untuk itu mari kita mencari apa tips dan cara agar hidup menjadi bahagia. Tentunya menurut Islam.

Berikut saya ingin membagikan Kunci Hidup Bahagia Menurut Islam adalah :

1. Selalu Bersyukur

Dengan selalu mensyukuri nikmat yang Allah berikan tentu akan membuat hidup kita akan bahagia. Karena Allah telah menjanjikan jika Anda selalu bersyukur maka Allah akan menambahkan berlipat ganda nikmat yang diberikan.

2. Selalu Menjalankan Ibadah

Orang yang selalu berpegang teguh kepada ajaran Islam yang telah ditetapkan maka kehidupannya jauh lebih bahagia. Karena akan di ridhoi Allah. Dengan selalu menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya.

3. Tidak Berkeluh Kesah

Janganlah berkeluh kesah karena itu semua adalah sebuah proses untuk menjadi baik. Sebaiknya perbanyaklah berdoa. Allah telah berjanji akan memberikan pahala yang besar kepada orang yang sabar dan tidak berkeluh kesah. Karena dengan sabar akan membuat hati menjadi tenang.

4. Sering Bersedekah

Dengan bersedekah tentu akan membuat hidup menjadi berkah dan lapang. Allah telah berjanji orang yang menafkahkan hartanya ke jalan Allah maka Allah akan membalas dengan melipat gandakan. Dan Allah akan melapangkan rezekinya.

5. Hidup Sederhana

Hiduplah dengan sederhana walau mempunyai harta banyak dan kedudukan yang tinggi. Karena apa yang kita terima semua itu hanya titipan. Kesederhanaan itu bagian dari iman. Makan dan minumlah, jangan berlebih-lebihan. Karena Allah tidak menyukai orang yang berlebihan.

6. Berprasangka Baik

Selalu berpikir positif walau kita ditimpa musibah. Karena itu semua sebuah ujian bagi kita. Allah tidak akan memberikan suatu cobaan melebihi dari kekuatan kita. Maka selalu berprasangka baik walaupun kadang doa kita belum terkabulkan.

7. Mencari Harta Yang Halal

Jika kita bekerja di jalan yang benar dan halal ini juga akan membuat hidup kita semakin berkah. Walaupun kadang mendapatkan hasil jerih keringat yang sedikit kalau halal akan membuat hidup kita bahagia. Karena keberkahan yang didapat.

8. Tidak Dengki Dan Iri Hati

Apabila ada tetangga atau teman kita yang sudah sukses hendaklah kita jangan iri hati. Karena Allah itu memberikan rezeki yang berbeda-beda. Harusnya kita bangga karena sesama muslim itu kita saudara. Ini akan membuat hidup kita bahagia.

9. Mudah Memaafkan

Mudah Memaafkan kesalahan orang lain tentu membuat hati kita menjadi lega. Karena kalau terus menerus kita pendam di hati malah semakin lama hati menjadi was-was. Untuk itu kalau kita mempunyai kesalahan segeralah minta maaf dan kalau orang lain mau minta maaf maka maafkanlah.

10. Hindari Permusuhan

Dalam berdebat kerap sekali kita beradu argumentasi. Saling mengotot ingin menang. Janganlah semua itu menjadi permusuhan. Sebab kita semua sesama muslim itu saudara. Kalau kita mempunyai musuh akan membuat hati kita tidak tenteram dan was-was. Lebih baik kita selalu menjaga ukhuwah sesama muslim.

Baca juga Peran Penting Orang Tua Dalam Pendidikan Anak

Sebenarnya masih banyak lagi cara membuat hidup kita merasa bahagia dalam Islam. Kalau kita hidup bahagia tentu akan membuat kita merasa tenteram dan tenang. Hati menjadi tenang. Bisa menikmati hidup yang sebenarnya. Coba bayangkan kalau hati kita galau pasti membuat kita selalu emosi dan uring-uringan. Dan hidup selalu dirundung duka.

Dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah hidup kita akan bertambah nikmat. Yang telah memberikan banyak sekali nikmat kepada kita. Untuk itu kita harus selalu bersyukur. Dengan menjalankan semua perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya. Tentu akan membuat hidup kita bahagia baik di dunia maupun di akhirat. Tak lupa sering berdoa kepada Allah.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts