Informasi Pendidikan Dan Wisata

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

 

Di malam hari ini saya merasa capek sekali. Maka saya menjenguk blog Kampoeng Tegal yang sudah menjadi blog kesayangan kita semua untuk mengobati rasa rindu saya. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan informasi tentang Manfaat Daun Seledri yang saya rasa Anda semua tidak mengetahui. Karena daun seledri sendiri cuma digunakan untuk pelengkap masakan.

Daun Seledri

Seledri adalah sejenis sayuran yang digunakan untuk pelengkap masakan sebagai penambah rasa sedap. Biasanya yang dimanfaatkan cuma daun seledri. Daun seledri mempunyai banyak serat yang tinggi dan rendah kalori yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun vitamin yang terkandung dalam daun seledri yaitu vitamin K, vitamin C dan beberapa vitamin B kompleks.

Selain itu daun seledri juga banyak mengandung beberapa jenis mineral seperti kalium, mangan, magnesium dan kalsium. Jadi dengan banyak mengandung kandungan vitamin dan mineral tentu daun seledri mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan. Adapun cara mengolah daun seledri bisa dinikmati secara segar, dibuat minuman dan juga dimasak.

Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan

Saya kira Anda semua sudah tahu apa itu daun seledri dan kegunaannya. Memang daun seledri banyak dijumpai di pasar bahkan bisa menanam sendiri di rumah. Untuk itu saya ingin memberikan informasi tentang Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan yaitu :

1. Meringankan Rasa Nyeri Sendi

Daun seledri mempunyai sifat anti inflamasi yang bisa membantu meringankan gejala radang sendi, reumatik dan bahkan asam urat. Caranya potong kecil-kecil daun dan batang seledri. Kemudian ditebus hingga mendidih. Dinginkan dan saring air rebusan daun seledri tadi dan minumlah.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat dari daun seledri yang ini sangat penting sekali yaitu kandungan senyawa 3-n-butylphthalide diketahui mampu untuk menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah. Caranya juga sama yaitu siapkan daun dan batang seledri, kemudian rebus dalam air hingga mendidih. Setelah itu diamkan hingga dingin. Kemudian saring dan segera diminum.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat Daun Seledri selanjutnya adalah bisa menurunkan tekanan darah karena banyak mengandung kalium didalamnya. Caranya cukup merebus beberapa daun seledri dalam air hingga mendidih. Kemudian didinginkan dan disaring. Minumlah setiap hari.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun seledri ternyata bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain kaya akan nutrisi, daun seledri juga banyak mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori sehingga sangat cocok untuk program diet.

5. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Seledri yang memiliki serat yang tinggi dan anti oksidan juga bisa meningkatkan sistem pencernaan. Manfaat dari daun seledri untuk pencernaan yaitu meningkatkan sirkulasi darah usus, meredakan kembung, dan mencegah kulkus dengan cara meningkatkan produksi mukus untuk melindungi saluran pencernaan.

6. Mengobati Batuk

Daun seledri juga bisa menurunkan sakit batuk. Caranya cukup mudah yaitu dengan merebus beberapa lembar daun seledri di dalam air hingga mendidih. Selanjutnya saring lalu dinginkan dan diminum.

7. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Manfaat dari daun seledri yaitu obat diuretik yang dipercaya memiliki pengaruh terhadap pencegahan infeksi saluran kemih. Seledri dapat membantu merangsang produksi urin. Manfaat ini tentunya juga harus diimbangi dengan konsumsi cairan yang cukup agar tidak terjadi infeksi.

8. Menurunkan Hipertensi

Daun seledri ternyata juga bisa menurunkan Hipertensi. Caranya cukup mudah yaitu tumbuk 100 gram daun seledri hingga halus. Kemudian dimasak dengan air hingga mendidih. Selanjutnya diminum 2x sehari. Maka hipertensi akan menurun.

9. Membersihkan Ginjal

Ternyata daun seledri juga bisa membersihkan ginjal. Caranya adalah siapkan 1 ikat daun seledri yang sudah dicuci bersih. Kemudian potong kecil-kecil daun seledri tadi. Dan rebus dalam panci yang diisi air selama 10 menit. Selanjutnya saring dan dinginkan. Minumlah 1 kali sehari maka semua kotoran, garam dan racun akan keluar melalui air seni.

10. Mencerahkan Wajah

Untuk manfaat daun seledri yang ini sangat disukai oleh wanita. Bisa mencerahkan wajah. Caranya yaitu ambil potongan daun seledri. Kemudian direbus dalam air mendidih selama 15 - 20 menit dan dinginkan. Setelah air dingin oleskan air rebusan tadi ke wajah secara merata. Biarkan sampai mengering. Bilas dengan air bersih maka wajah akan nampak cerah.

11. Penyubur Rambut

Untuk manfaat dari daun seledri yang ini bisa menyuburkan rambut Anda. Caranya yaitu bersihkan beberapa daun seledri hingga bersih. Kemudian ditumbuk sampai halus. Gunakan tumbukan daun seledri tadi untuk keramas. Gosokkan secara merata pada kulit kepala dan rambut dengan dipijit halus. Setelah itu diamkan dan bungkus dengan handuk selama 1 jam. Dan bilas dengan air bersih. Lakukan setiap seminggu sekali maka rambut tumbuh subur.

Baca juga Daun Sirih Dan Manfaatnya

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat-manfaat yang lain dari daun seledri. Walau daun seledri banyak dijumpai di sekeliling kita tetapi ternyata banyak juga kegunaannya. Apalagi buat campuran sayuran akan terasa sedap. Masakan menjadi sangat enak. Di restoran juga menggunakan daun seledri sebagai pelengkap masakan.

Untuk menanam daun seledri saya rasa cukup mudah. Dan proses pertumbuhannya sangat cepat. Di daerah pegunungan sangat banyak dijumpai tanaman seledri. Memang tanaman sayuran tumbuh subur di daerah-daerah pegunungan. Walau di pasar dekat kita juga dijual daun seledri. Harganya juga relatif murah. Jadi manfaat dari daun seledri sangat terasa buat kesehatan tubuh.

Share:

1 komentar:

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts