Informasi Pendidikan Dan Wisata

Cara Menanam Cabe Di Rumah

 

Pada malam minggu ini saya kembali mengunjungi Anda semua dan semoga Anda dalam keadaan sehat-sehat saja. Malam minggu ini saya di rumah saja tidak ada acara keluar. Lebih baik menulis artikel tentang Cara Menanam Cabe Di Rumah  agar Anda semua bisa memanfaatkan kebun di rumah.

Tanaman Cabe

Cabe adalah bumbu pokok pada setiap masakan apalagi masakan yang pedas. Di samping bumbu-bumbu yang lain cabe sangat diperlukan untuk membuat sambal. Cabe mempunyai cita rasa yang khas dan berbeda dengan bumbu yang lain. Karena cabe rasanya pedas. Untuk orang yang suka pedas tentu kalau makan selalu memakai cabe. Entah itu dicampur pada masakan atau dibuat sambal.

Di Indonesia sangat cocok untuk ditanami cabe. Karena iklim tropisnya dan tanah yang subur membuat tanaman cabe tumbuh dengan baik. Ada beberapa macam jenis tanaman cabe yaitu cabe rawit, cabe merah besar, cabe keriting, cabe gendot, cabe kathur, cabe jalapeno dan cabe paprika. Tetapi yang paling umum yaitu cabe rawit dan cabe merah besar.

Untuk Anda pencinta masakan pedas alangkah baiknya menanam sendiri tanaman cabe di rumah. Cara menanamnya cukup mudah dan tidak memerlukan area lahan atau kebun yang luas. Cukup halaman di depan rumah atau di samping rumah. Dan perawatannya juga sangat mudah. Asal telaten dalam menyirami akan bisa berbuah lebat dan baik 

Cara Menanam Cabe

Untuk itu disini saya akan memberikan sedikit informasi tentang Cara Menanam Cabe berikut perawatannya. Adapun cara menanam cabe sebagai berikut :

1. Persiapan Bibit Cabe

Sebelum menanam cabe langkah awal tentu mempersiapkan bibit cabe. Sebenarnya bibit cabe banyak dijual di toko pertanian tetapi sebaiknya membuat sendiri. Caranya yaitu pilihlah cabe yang sudah merah dan tua. Kupaslah dan ambil biji cabe lalu rendam di dalam air. Biji cabe yang mengambang segera di buang karena tidak bagus. Setelah itu biji cabe yang sudah dipilih dikeringkan di bawah sinar matahari.

2. Persemaian Bibit Cabe

Langkah berikutnya adalah bibit cabe yang sudah dikeringkan lalu di sebar di polybag atau tanah. Berilah campuran tanah dan pupuk organik agar cabe cepat bersemi. Lakukan penyiraman secara rutin di persemaian biji cabe tersebut. Tunggu hingga bibit cabe berkecambah dan  buanglah tanaman liar pengganggu.

3. Penanaman Cabe

Setelah 3 - 4 minggu persemaian cabe tumbuh. Pindahkan bibit cabe tersebut ke lahan yang telah dipersiapkan atau bisa memakai polybag. Lahan atau polybag itu harus diberi campuran tanah dan pupuk penunjang. Proses pemindahan bibit cabe harus hati-hati agar tidak rusak. Setelah itu siram dengan air secara rutin. Untuk penanaman sebaiknya di lahan yang cukup sinar matahari. Tanaman yang mati segera diganti dengan yang baru.

4. Pemupukan Tanaman

Setelah tanaman cabe tumbuh berilah pupuk organik sebagai penunjang agar cepat besar dan baik. Dalam memberi pupuk dilakukan secara berkala dan dijadwal. Lebih baik menggunakan pupuk kompos karena biayanya murah dan mudah mendapatkannya.

5. Perawatan Tanaman

Langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan secara rutin. Misalnya dalam penyiraman dilakukan secara teratur dan tanaman-tanaman Pengganggu di sekitar tanaman cabe dicabut dan dibuang. Tunggu sampai tumbuh berbunga dan berbuah.

6. Panen

Setelah melalui proses di atas tanaman cabe bisa tumbuh dengan baik dan berbuah. Tentu ini sangat dinantikan yaitu pemetikan cabe. Cabe yang sudah merah bisa dipetik. Dan panen pun bisa dirasakan.

Baca juga Menanam Bunga Kertas Zinnia

Itulah cara-cara menanam cabe sendiri di rumah. Sangat mudah bukan? Jadi bagi Anda yang ingin mencobanya bisa meniru cara di atas. Biaya juga murah dan hasil sangat memuaskan. Jadi kalau kita memerlukan cabe tinggal memetik di kebun.

Untuk Anda yang mempunyai lahan yang luas bisa juga dijadikan ladang bisnis. Pasti hasilnya sangat lumayan tetapi tergantung harga cabe yang fluktuasi dan kadang naik kadang turun. Usaha ini sangat cocok dikembangkan karena caranya sangat mudah dan murah.

Saya sendiri juga sudah mencoba menanam cabe sendiri di kebun. Walau sedikit tetapi hasilnya sangat memuaskan. Sudah panen berkali-kali. Ternyata tanaman cabe juga bisa bertahan lama jadi bisa panen terus. Saya merawat sendiri dan rutin menyirami dan memberikan pupuk organik. Sampai sekarang tanaman cabe saya masih berbuah. Untuk Anda semua mari menanam cabe sendiri di rumah.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts