Informasi Pendidikan Dan Wisata

Menanam Bunga Kertas Zinnia

 

Menanam Bunga Kertas Zinnia. Menanam bunga itu sangat penting baik itu di halaman rumah atau di taman. Karena dengan adanya tanaman bunga akan menambah keindahan halaman rumah anda dan keasrian rumah anda. Menanam bunga itu pada dasarnya sangat mudah. Yang diperlukan hanya tanah yang subur. Menanam bunga boleh di pot atau langsung di tanah.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel tentang Menanam Bunga Kertas Zinnia. Bunga Zinnia di Indonesia dikenal sebagai Kembang Kertas atau Bunga Kertas. Tanaman bunga Zinnia merupakan tanaman semusim yang membutuhkan cukup sinar matahari dan tanah yang subur. Bunga ini sangat cocok di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman ini memiliki ukuran yang sedang dan ketinggian yang relatif. Sehingga sangat cocok ditanam di depan rumah atau di taman. Warna bunga yang berwarna-warni membuat sedap dipandang mata.

Untuk penanaman dan perawatan tanaman bunga Zinnia ini sangatlah mudah. Yang terpenting telaten dan sabar. Disini saya ingin memberikan Cara Menanam Bunga Kertas Zinnia yaitu :

1. Menyiapkan Lahan Tanaman

Sebelum menanam Bunga Kertas Zinnia terlebih dahulu disiapkan lahan untuk proses penanaman. Pilihlah tempat yang cukup sinar matahari dan tanah yang subur. Karena kalau di tempat yang teduh atau di bawah pohon besar pertumbuhanc tanaman bunga ini akan sulit. Bersihkan tempatnya dari tanaman yang liar seperti gulma.

2. Persiapkan Bibit Tanaman

Setelah menyiapkan lahan langkah selanjutnya menyiapkan bibit tanaman bunga Zinnia. Gunakan bibit yang bagus dan baru. Agar bisa cepat tumbuh. Atau bisa juga menyebar langsung biji bunga Zinnia di lahan yang agak lembab dan basah. Supaya tumbuh dengan baik diberi pupuk penunjang.

3. Penanaman Bibit Tanaman

Setelah bibit tanaman mulai tumbuh segera pindahkan agar tanaman tidak berkelompok. Penanaman sebaiknya diberi jarak dan ditata secara teratur. Penanaman cukup mudah tinggal ditancapkan ke dalam tanah dan di siram air.

4. Penyiraman Tanaman

Di awal penanaman sebaiknya tanaman sering disiram agar tidak layu. Kalau sudah tumbuh dengan baik proses penyiraman dikurangi agar tanaman bisa berkembang. Penyiraman dilakukan dengan menggunakan gembor. Karena tanaman ini tahan di lahan kering sebaiknya penyiraman dilakukan 2 - 3 hari sekali. Kalau di musim hujan sebaiknya tidak usah disiram.

5. Diberi Pupuk

Agar tanaman bunga Zinnia ini bisa tumbuh dengan baik dan maksimal sebaiknya di beri pupuk penunjang secara berkala. Karena semua tanaman itu butuh juga asupan pupuk untuk kesuburan tanah. Gunakan pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman dan tanah.

6. Membersihkan Tanaman Pengganggu

Disaat tanaman bunga Zinnia ini semakin besar tentu tanaman yang lain seperti rumput atau semak juga akan tumbuh. Sebaiknya tanaman liar tersebut dicabut dan dibersihkan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman bunga Zinnia tersebut.

7. Perawatan Pada Fase Tanaman Berbunga

Pada proses penanaman bunga Zinnia ini semakin lama tanaman ini akan berbunga. Di saat sedang berbunga akan tampak indah dan sedap dipandang mata. Karena bunga Zinnia ini berwarna-warni. Tetapi pada saat tanaman ini sedang berbunga juga harus dirawat. Dengan cara memotong bunga yang sudah kering. Kalau perlu dahannya juga dikurangi. Agar tanaman tidak roboh diberi penumpang kayu pada tanamannya.

Baca juga Eloknya Taman Bermain Di Banyudono

Setelah melihat cara-cara di atas ternyata penanaman bunga kertas Zinnia sangat mudah. Karena bisa ditanam di sembarang lahan. Yang terpenting itu perawatannya. Semua orang pasti bisa mencobanya. Akan terasa indah kalau tanaman bunga Zinnia ini ditanam di antara bunga lainnya yang lebih penting seperti rumput dan bunga krokot.

Di Taman Bermain Kampoeng Tegal juga ditanami Bunga Kertas Zinnia. Agar tampak menarik dan indah kalau dilihat. Tetapi juga diimbangi dengan menanam bunga yang lain. Ternyata di taman bermain tersebut banyak dipakai orang untuk berselfie foto di antara bunga-bunga. Dan hasilnya sangat memuaskan. Saya sendiri sebenarnya ingin menambah koleksi bunga di taman dengan menanam bunga yang lain. Agar terlihat warna-warni bunga yang ada di taman. Terutama bunga Zinnia ini yang mudah mencari bibit dan mudah merawatnya.

Share:

2 komentar:

  1. Wah unik sekali ya Bunga Kertas Zinnia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunga kertas Zinnia merupakan bunga yang mudah tumbuh di daerah tropis. Di samping itu sangat mudah untuk menanam dan merawatnya.

      Hapus

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts