Informasi Pendidikan Dan Wisata

Daun Sirih Dan Manfaatnya

 


Pada malam hari ini saya kembali hadir mengunjungi Anda semua. Melalui blog Kampoeng Tegal ini saya ingin membagikan artikel tentang Daun Sirih Dan Manfaatnya. Tentu Anda semua sudah tahu apa daun sirih. Bahkan mungkin Anda malah menanam pohon sirih di kebun.

Tanaman Daun Sirih

Tanaman sirih banyak dijumpai di desa-desa dan tumbuh subur di kebun. Tanaman ini termasuk tanaman menjalar. Ada 2 jenis tanaman sirih yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah. Tetapi kegunaannya hampir sama. Orang dulu menggunakan daun sirih ini untuk menginang dengan cara menguyah beberapa daun sirih di mulut. Apalagi orang tua yang sudah sepuh. Katanya bisa membuat orang awet muda. Tetapi sekarang jarang di jumpai.

Tanaman sirih ini ternyata banyak mengandung air sehingga daun sirih rendah akan lemak dan kalori. Daun sirih juga mampu membunuh jamur dan bakteri karena bersifat sebagai anti oksidan. Bahkan sejak dulu daun sirih dipakai sebagai antiseptik yang berguna untuk mengobati luka di tubuh. Dengan cara daun sirih cukup ditempelkan pada area luka.

Manfaat Daun Sirih

Melihat pengalaman orang dulu yang selalu menggunakan daun sirih untuk kesehatan. Untuk itu ternyata daun sirih mempunyai banyak sekali manfaatnya. Adapun Manfaat Daun Sirih sebagai berikut :

1. Mengatasi Mimisan

Banyak orang memakai daun sirih untuk mengobati mimisan. Ini merupakan pertolongan pertama. Dengan cara menggulung beberapa daun sirih terus dimasukkan kedalam hidung. Daun sirih ini bersifat anti oksidan tannin yang mampu mempercepat pembekuan darah dan menutup luka pada pembuluh darah dalam hidung.

2. Membantu Proses Penyembuhan Luka.

Daun sirih mempunyai sifat anti oksidan yang tinggi sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Caranya sangat mudah yaitu daun sirih ditempelkan pada area yang luka lalu di perban. Tunggu hingga 1 - 2 hari maka lukanya akan kering dan sembuh.

3. Meredakan Batuk

Khasiat dari daun sirih ternyata bisa juga meredakan batuk. Air rebusan daun sirih mengandung vitamin B, C dan Alkaloid untuk mengatasi peradangan penyebab batuk. Caranya ambil beberapa daun sirih lalu direbus hingga mendidih. Minumlah 1 kali sehari sampai batuknya reda.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat daun sirih ini ternyata juga bisa mengatasi gangguan pencernaan di perut. Caranya minum air rebusan daun sirih yang mampu membantu perut menyerap mineral dan nutrisi dari makanan. Atau bisa juga dengan menempelkan daun sirih di perut yang membuat perut jadi hangat dan nyaman.

5. Menurunkan Depresi

Dengan meminum air rebusan daun sirih atau menguyah daun sirih juga mampu mengendalikan gejala depresi. Karena air rebusan daun sirih ini mampu membuat otak menghasilkan banyak hormon serotonin yang baik untuk otak. Sehingga pikiran menjadi segar.

6. Mengobati Rasa Nyeri

Daun sirih juga banyak mengandung polifenol yang bersifat anti inflamasi yang tinggi. Sehingga mampu menghilangkan rasa nyeri. Minumlah air rebusan daun sirih ini secara rutin sampai rasa nyeri hilang.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirih maka akan anda rasakan manfaatnya untuk penurunan berat badan. Karena sistem metabolisme tubuh akan meningkat. Sedangkan serat dalam daun sirih mampu menurunkan kadar lemak yang membuat berat badan turun.

8. Menghambat Karies Gigi

Terbukti orang tua dulu menggunakan daun sirih untuk menginang ternyata banyak manfaat untuk gigi. Dengan mengunyah daun sirih akan menghambat pertumbuhan bakteri di dalam gigi. 

9. Mengobati Sakit Tenggorokan

Daun sirih kaya kandungan anti oksidan sehingga bersifat anti bakteri dan anti inflamasi. Sehingga daun sirih mampu mengatasi sakit tenggorokan.

Baca juga Manfaat Buah Mentimun

Saya rasa masih banyak lagi manfaat daun sirih yang lainnya. Banyak obat-obatan herbal yang menggunakan daun sirih ini sebagai bahan utama. Sehingga mampu mengobati berbagai penyakit. Bahkan untuk sabun daun sirih juga ada yang sangat cocok untuk kulit wanita. 

Daun sirih ini sangat mudah dicari. Di desa-desa banyak ditanam di kebun. Dan cara menanamnya sangat mudah. Di pasar juga banyak yang jual daun sirih. Sehingga untuk keperluan mendadak akan mudah dicari. Karena banyak sekali manfaat dari daun sirih alangkah baiknya menanam sendiri di depan rumah atau di kebun.

Saya dulu mengerti manfaat daun sirih hanya untuk mengatasi mimisan. Sebab saya pernah mengalaminya. Ternyata sangat manjur sekali. Darah menjadi beku dan tidak keluar. Dan juga nenek saya memakai daun sirih untuk menginang. Dan sampai sekarang daun sirih banyak sekali manfaatnya dan kegunaannya.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts