Informasi Pendidikan Dan Wisata

Sejuta Pesona Di Banyudono



Sejuta Pesona Di Banyudono. Banyudono adalah sebuah desa di kecamatan Banyudono kabupaten Boyolali yang terletak di sebelah timur. Tepatnya di sebelah utara jalan Solo - Semarang di Boyolali sebelah timur. Desa Banyudono tergolong desa strategis dan industri. Karena sekarang sudah banyak berdiri perusahaan-perusahaan di desa Banyudono. Memang dulu terkenal dengan daerah pertanian. Terkenal juga dengan sumber air yang mengalir terus jadi bisa mengaliri sawah. Tanaman di sawah sangat subur dan hijau. Akan tetapi sekarang lahan pertanian semakin berkurang akibat berdirinya pabrik. Sekarang sudah menjadi daerah industri dan daerah pertanian.

Di Desa Banyudono merupakan daerah pertanian yang dimana masih banyak hamparan sawah yang luas. Apalagi di sebelah utara yang masih dijadikan lahan pertanian. Karena mengalir sungai yang merupakan irigasi sawah. Tanahnya sangat subur sehingga banyak tanaman yang tumbuh. Dengan alam pedesaan yang masih terlihat ini menjadikan Banyudono punya pesona alam yang bagus dan alami. Tanaman di perkebunan dan persawahan yang tumbuh subur menambah pesona Banyudono tampak indah. 

Inilah beberapa Sejuta Pesona Di Banyudono yang berhasil saya rangkum yaitu :

1. Bendungan Gisik Gembira
Bendungan Gisik Gembira merupakan sebuah sungai yang dibendung dengan tanggul untuk menahan arus air agar tidak banjir. Terletak di Gisik Banyudono Boyolali. Tujuan dari bendungan tersebut adalah sebagai irigasi sawah di sekitar desa Banyudono. Bendungan tersebut berdiri di jaman penjajahan Belanda jadi sudah lama sekali. Sampai sekarang masih berdiri kokoh dan besar sekali manfaatnya bagi masyarakat sekitarnya.


2. Pleret Gisik

Pleret Gisik adalah air terjun di Bendungan Gisik Gembira yang mengalir kali Pepe. Terletak di sekitar Bendungan Gisik Gembira karena merupakan penahan air luapan sungai. Ketinggian air terjun tersebut sekitar 10 meter lebih. Dan sangat indah sekali dilihat. Apalagi kalau sedang banjir. Banyak sekali masyarakat yang berfoto selfie di Pleret Gisik ini.


3. Mata Air Sumber Jembar
Di Banyudono ada sumber mata air yang mengalir sangat bening dan jernih. Tempatnya di sebelah utara kantor desa Banyudono. Airnya sangat jernih sehingga digunakan untuk keperluan mandi. Dan juga digunakan untuk mengaliri sawah di sekitar mata air tersebut. Tiap tahun airnya mengalir walaupun di musim kemarau tetap mengalir. Sehingga sangat besar manfaatnya bagi masyarakat sekitarnya.

4. Masjid Al Huda Kerten Banyudono

Masjid ini sudah lama berdiri dan bentuknya masih unik dan kuno. Terletak di Kerten Banyudono. Masjid ini pertama kali dibangun di Desa Banyudono karena juga peninggalan dari nenek moyang kita. Dulu merupakan pusat kegiatan keagamaan di Desa Banyudono. Sampai sekarangpun masih berdiri kokoh dengan keunikan dan keindahan masjid kuno. Masyarakat masih menjadikan masjid ini sebagai tempat untuk sholat.


4. Pesarean Astana Ngendo Kerten

Di Banyudono ada pesarean unik yang merupakan tempat makam para kerabat Mangkunegaran. Makam ini sudah lama dibangun karena merupakan makam raja-raja. Di pesarean tersebut berdiri sebuah rumah yang menyerupai masjid dan didalamnya ada beberapa makam kerabat Mangkunegaran. Atau orang menyebutnya sebagai menara. Memang pesarean ini dikhususkan untuk makam kerabat Mangkunegaran. Tiap bulan Syaban banyak orang berziarah.

6. Taman Bermain Kampoeng Tegal

Ini yang merupakan tempat favorit bagi saya. Sebuah taman bermain dan tempat santai bagi masyarakat. Letaknya di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Disini sudah ada wahana-wahana yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Setiap hari banyak anak-anak atau orang dewasa yang berkunjung ke tempat ini. Tempatnya yang adem dan asri sehingga enak buat tempat rekreasi keluarga. Tempat ini masih dalam tahap penambahan wahana-wahana yang lain yang lebih menarik.


Sebenarnya di Desa Banyudono bisa dikembangkan untuk tempat rekreasi keluarga karena ada tempat-tempat yang pemandangannya bagus dan alami. Salah satunya di Taman Bermain Kampoeng Tegal dan Bendungan Gisik Gembira. Ini bisa dilihat sudah banyak orang yang berkunjung ke kedua tempat tersebut. Dengan alam pedesaan yang masih dirasakan dan letaknya tidak jauh dari jangkauan masyarakat. 

Saya merasa senang bisa menyajikan artikel ini kepada Anda semua. Semoga dengan hadirnya blog ini bisa menambah wawasan dan manfaat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts