Informasi Pendidikan Dan Wisata

Desa Ekowisata Kunden

Desa Ekowisata Kunden. Sekarang ini sedang marak hadirnya tempat wisata yang baru. Terutama di pedesaan. Karena di desa itu mempunyai pemandangan yang masih alami dan tempatnya sangat asri dan nyaman. Yang menjadikan daerah pedesaan sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata. Biasanya di desa itu dibikin desa wisata yang bernuansa alam. Alam pedesaan yang masih alami dan asri tempatnya.

Sebenarnya di daerah pedesaan itu bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis tempat wisata. Salah satunya yaitu Desa Ekowisata. Desa Ekowisata adalah kegiatan wisata yang ditujukan kepada alam, masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Jadi desa Ekowisata itu sangat berhubungan dengan alam dan masyarakat sekitar. Dan ini berbeda sekali dengan wisata alam yang cuma mengandalkan pemandangan alam saja. Desa Ekowisata sendiri biasanya ada di daerah pedesaan. Untuk itu membangun desa Ekowisata perlu adanya masyarakat sekitarnya untuk mengelola tempat wisata di desa tersebut. Berguna untuk membangun ekonomi masyarakat lokal.

Desa Ekowisata Kunden

Di Banyudono telah dibangun Desa Ekowisata Kunden. Pembuatan ini atas inisiatif dari masyarakat dan pemuda Kunden. Tempatnya di Kunden, Desa Banyudono, Kecamatan Banyudono, Boyolali. Memang lokasinya agak jauh dari jalan raya tetapi mudah dijangkau dengan mobil dan motor. Desa Ekowisata ini memanfaatkan sungai untuk dibuat semacam kolam ikan. Sudah ada berbagai jenis ikan terutama ikan nila yang berwarna-warni. Jadi akan sangat indah jika sambil duduk melihat ikan-ikan pada berenang.

Tiap pagi atau sore sudah banyak pengunjung yang datang untuk sekedar melihat ikan-ikan yang berenang kesana kemari. Ditunjang dengan view pemandangan gunung Merapi dan gunung Merbabu akan sangat indah untuk ber swafoto dan berselfie foto. Dan juga hamparan sawah yang hijau menambah daya tarik orang untuk mengunjunginya. Sekarang ini masih ada pembenahan di sana sini untuk mempercantik Desa Ekowisata Kunden.

Rute Desa Ekowisata Kunden

Untuk mengunjungi desa Ekowisata Kunden sangat mudah jalannya. Jalan menuju ke tempat ini juga sudah beraspal jadi mobil dan motor bisa masuk. Dari Boyolali bisa lurus ke timur ke arah Solo. Sampai di rest area SS belok ke kiri sekitar 1 kilometer. Dari Solo bisa lurus ke barat ke arah Boyolali. Sampai di rest area SS belok ke kanan sekitar 1 kilometer. Rute jalannya memang lewat kampung. Atau kalau masih bingung bisa menggunakan petunjuk arah Google Maps dengan ketik Desa Ekowisata Kunden.

Manfaat Desa Ekowisata Kunden

Dengan adanya Desa Ekowisata Kunden tentu akan bermanfaat sekali terutama untuk masyarakat sekitar. Adapun manfaatnya sebagai berikut :

  • Memberikan pendidikan lingkungan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitarnya.
  • Sebagai kegiatan konservasi alam bagi masyarakat untuk memelihara kelestarian ikan dengan lingkungan.
  • Mengembangkan potensi dan kemampuan masyarakat sekitar sehingga bisa berperan dalam pemberdayaan ekonomi.

  • Tempat rekreasi keluarga yang menyukai kelestarian alam terutama sungai yang bersih yang dibikin kolam ikan.
Baca juga Sejuta Pesona Di Banyudono

Jadi adanya Desa Ekowisata ini akan menjadi tempat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya. Dengan dibikin kolam ikan bisa menjadi tempat bersantai di pinggir sungai sambil melihat ikan-ikan. Pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan main-main dipinggir kolam ikan. 

Obyek wisata di Kunden ini diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin rekreasi atau berselfie foto. Sekarang ini untuk mengunjungi Desa Ekowisata Kunden tidak dipungut biaya alias gratis. Pengunjung bisa sepuasnya duduk dipinggir sungai sambil melihat indahnya pemandangan gunung Merapi dan Merbabu.

Saya sendiri sudah mengunjungi Desa Ekowisata ini. Ternyata tempatnya sangat keren dan tempat parkirnya juga ada. Banyak juga ikannya dan sudah besar-besar. Mungkin kedepannya juga akan dibikin taman bunga untuk menambah keindahan tempatnya. Tempat ini sangat recommended untuk dikunjungi. Jadi buat Anda yang mempunyai waktu longgar silahkan mengunjungi Desa Ekowisata Kunden.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal

Alamat Taman Bermain Kampoeng Tegal
Tempat taman bermain ini beralamat di Tegal RT 06 RW 04 Banyudono Boyolali. Bagi yang ingin mengunjungi silahkan klik gambar di atas.

Postingan Populer

Cari Blog Ini

Pengikut

Kategori

Recent Posts